Manfaat Makanan Sehat dan Bergizi untuk Kesehatan Tubuh

Realfood Ever Glow
source gambar : realfood.co.id

Makanan sehat dan bergizi yaitu makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan seimbang seperti adanya lemak tak jenuh, vitamin, protein, dan mineral. Dimana seluruh kandungan tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kamu.

Agar kamu dapat selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi setiap hari. Kamu dapat melihat melalui pedomanan makanan gizi seimbang, yang bisa kamu lihat melalui daring.

Makanan sehat dan bergizi diperlukan untuk kesehatan tubuh kamu, salah satunya yaitu untuk mengurangi terkena penyakit obesitas dan jantung.

Nah, buat kamu yang belum tau tentang manfaat makanan sehat bergizi untuk kesehatan. Silahkan simak pembahasannya dibawah ini!

  • Berat Badan

Makanan sehat dan bergizi diperlukan untuk mengontrol berat badan. Berat badan yang ideal bukan hanya untuk menunjang penampilan saja menjadi lebih menawan, tapi juga untuk kesehatan agar terhindar dari penyakit obesitas, diabetes, jantung, dan penyakit kronis lainnya.

  • Tulang dan Gigi

Manfaat makanan sehat dan bergizi berikutnya yaitu untuk kesehatan tulang dan gigi. Makan sehat dan bergizi diperlukan untuk mengurangi resiko penyakit tulang seperti osteoporosis, makanan yang bergizi dan sehat akan memiliki kalsium dan magnesium yang tinggi yang berguna untuk kesehatan tulang.

Kandungan Vitamin D dan vitamin K juga sangat diperlukan untuk tulang, kandungan ini bisa kamu dapatkan dari sayur-sayuran hijau. Sedangkan magnesium bisa kamu dapatkan dari kacang almond, biji labu, kacang mete, dan biji rami.

  • Kadar Gula Rendah

Makanan sehat dan bergizi memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula. Bagi para penderita diabetes sangat memerlukan makanan sehat dan bergizi agar kadar gulanya tetap dapat dikontrol dengan baik.

Makanan yang rendah gula yang bisa dikonsumsi untuk para penderita diabetes seperti timun, tomat, kacang almond, dan kacang hazelnut.

  • Sistem Pencernaan

Manfaat selanjutnya dari makanan sehat dan bergizi yaitu untuk memperlancar sistem pencernaan. Makanan sehat dan bergizi seperti rendah lemak, tinggi serat akan sangat membantu usus besar yang didalamnya terdapat bakteri alami yang memiliki fungsi untuk metabolisme.

  • Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Makanan sehat dan bergizi diperlukan untuk mengurangi resiko penyakit jantung. Kamu dapat menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi sumber protein nabati, biji-bijian, buah, dan sayur-sayuran, selain itu kamu juga harus menghindari makanan yang memiliki lemak jenuh.

  • Mengurangi Resiko Kanker

Manfaat makanan sehat dan bergizi selanjutnya yaitu untuk mengurangi resiko kanker. Makanan yang mengandung beta carotene, vitamin A, dan antioksidan yang biasanya terdapat pada kacang-kacangan, buah, dan sayur sangat baik dikonsumsi untuk tubuh karena memiliki kandungan yang dapat mengurangi resiko perkembangan sel kanker.

  • Memori Otak Meningkat

Makanan yang memiliki kandungan Vitamin D, C, E,polifenol, flavonoid, dan Omega 3 sangat berperan dalam peningkatan memori otak manusia. Kandungan-kandungan tersebut juga akan menurunkan resiko terkena penyakit demensia atau pikun.

Makanan sehat dan bergizi yang bisa kamu konsumsi yaitu ikan salmon, ikan tuna, ikan bandeng, dan ikan patin, yang bisa kamu ubah sesuai selera kamu.

  • Kualitas Tidur

Makanan sehat dan bergizi diperlukan untuk meningkatkan kualitas tidur. Dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi dan mengurangi alkohol serta kafein maka akan membuat tidur seseorang menjadi lebih baik dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *