Membeli Kawat Seling yang Tepat, Apa yang Harus Dipertimbangkan?

Membeli Kawat Seling yang Tepat, Apa yang Harus Dipertimbangkan?

Bisa dikatakan jika saat ini ada cukup banyak agen jual kawat seling yang menyediakan beragam produk kawat seling yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Tentu, adanya banyak agen tersebut secara langsung akan memudahkan upaya Anda membeli kawat seling yang tepat. Namun, tentu saja, Anda harus selektif dalam memilih produk kawat seling tersebut.

Ya, perlu diketahui bahwa kawat seling memiliki fungsi yang sangat vital dalam sebuah industri. Oleh karenanya, pembelian produk kawat seling tidak bisa dilakukan secara asal-asalan dan harus memperhatikan aspek keamanan.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membeli produk kawat seling di pasaran agar tidak salah pilih agen yang jual kawat seling. Apa saja tips yang dimaksud tersebut? Simak ulasannya!

Tips Membeli Produk Kawat Seling yang Tepat

Ada beberapa tips yang cukup mendasar dan perlu diperhatikan ketika hendak membeli produk kawat seling. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

  • Perhatikan konstruksi kawat seling

Ketika hendak membeli kawat seling di agen yang jual kawat seling, maka Anda perlu memperhatikan konstruksi dari kawat seling itu sendiri. Pasalnya, konstruksi kawat seling akan berpengaruh pada daya tahan dan juga kekuatan kawat seling tersebut.

Dalam hal ini, dalam setiap kawat seling terdapat satu tali baca dengan strand yang merupakan hasil pilin wire. Format konstruksi yang digunakan adalah banyaknya strand dikali banyaknya wire.

Misalnya saja, kawat seling 6 x 36 artinya bahwa produk kawat seling tersebut memiliki 6 strand yang mengelilingi 1 core. Masing-masing strand terdiri dari 36 wire. Anda tinggal menyesuaikan konstruksi tersebut dengan kebutuhan.

  • Memilih core atau hati kawat seling

Selain membandingkan tentang konstruksi kawat seling, Anda juga perlu memilih core kawat seling yang tepat. Ada beberapa jenis core kawat seling yang tersedia dan bisa dijadikan opsi, yaitu:

  • Fiber Core (FC) – tali plastik.
  • Hemp Core (HC) – tali manila.
  • Wire Core (IWRC) – kawat baja.

Masing-masing core memiliki detail dan kekuatan yang berbeda. Anda tentu harus menyesuaikan penggunaan kawat seling untuk industri tertentu sebelum menentukan jenis core yang akan digunakan.

  • Ukuran kawat seling

Ukuran dari kawat seling juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan karena akan berpengaruh pada besarnya sheave dan juga beban yang bisa ditahan oleh kawat seling tersebut. Semakin besar ukuran kawat seling, maka beban yang bisa ditahan juga semakin besar. Umumnya, ukuran kawat seling dinyatakan dalam satuan mm atau inch.

Beberapa hal di atas adalah ragam tips mendasar untuk membeli kawat seling yang tepat pada agen yang jual kawat seling. Sebagai tambahan, jangan lupa perhatikan merek kawat seling dan pilih kawat seling dengan merek yang terkenal.

Seiring dengan harga kawat seling yang bisa dikatakan cukup mahal, tentu tips di atas harus diperhatikan dengan saksama. Anda bisa mengecek harga kawat seling dengan berbagai ukuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *