Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan, Orangtua Wajib Tahu

Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan, Orangtua Wajib Tahu

Anak yang sulit makan memang seringkali mengkhawatirkan orang tua. Pasalnya asupan nutrisi yang ia butuhkan untuk berkembang dan tumbuh dengan optimal pasti akan terhambat. Oleh karena itu banyak orang tua yang kemudian mencari.cara mengatasi anak yang susah makan.

Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan

Banyak cara untuk mengatasi anak yang susah makan. Hanya saja orang tua harus mengetahui apa faktor penyebabnya. Sehingga apapun cara yang digunakan untuk mengatasi perubahan pola makan ini dapat diterima oleh anak dengan baik

Tentukanlah Waktu Makan

Sejak awal makan. biasakanlah anak makan pagi siang dan malam pada waktu yang telah ditentukan. Kemudian tambahkan dua kali selingan atau snack sesudah 2 jam mengkonsumsi   makanan utama. Dengan demikian tubuhnya pun akan mengenali kapan waktu yang tepat untuk memberikan sinyal lapar.

Jika pada waktu makan anak merasa lelah atau mengantuk cobalah dengan memberinya porsi yang lebih kecil yang bisa dihabiskan dalam waktu yang singkat. Dengan demikian ia akan tetap mengkonsumsi makanan yang seharusnya .

Porsi Makanan

Porsi Setiap anak berbeda antara satu sama dengan yang lainnya. Ada anak yang dapat menghabiskan makanan dengan jumlah yang besar Ada pula yang hanya mampu mengkonsumsinya dalam jumlah yang kecil. Jangan membanding-bandingkan antara satu anak dengan yang lainnya.

Perhatikanlah jumlah makanan yang dapat dikonsumsi setiap kali makan besar. Dengan demikian Anda tidak perlu membuang makanan yang tidak ia habiskan.  Jika anak masih merasa lapar akan lebih baik jika ia menambah porsinya sekali lagi.

Sajian makanan selingan contohnya puding atau buah sajikan dalam porsi sedikit danselanjutnya Jika ia menginginkan lagi berikan setengah dari porsi sebelumnya. Dengan demikian Anak akan menghabiskan seluruh makanan yang harus dikonsumsinya pada saat itu.

Sajikan dengan Tampilan yang Menarik

Salah satu faktor penyebab anak susah makan adalah tampilan makanan yang menurutnya tidak menarik. Anda dapat mencoba membentuknya menjadi sesuatu yang menarik perhatiannya. Antara lain membentuk nasi menjadi tumbuh-tumbuhan atau gambar badut bentuk yang ia sukai.

Variasikan Menu Makanan

Bosan dengan menu makanan yang itu saja bisa jadi menjadi pemicu anak susah makan. Oleh karenanya ibu dapat memvariasikan berbagai macam menu yang menggugah selera anak.

Biarkan anak bereksplorasi dengan rasa baru yang mungkin belum pernah ia cicipi. Namun jangan sekali-sekali menawarkan makanan manis sebagai reward ia menghabiskan makanannya.

Sebab, anak akan cenderung menghaibiskan makanan demi mendapatkan hadiah tersebut. Selain itu pula makanan yang manis akan menyebabkan anak menjadi cepat kenyang. Sehingga ia tidak mudah lapar.

Orang tua harus kreatif untuk mencari cara mengatasi anak yang susah makan. Pasalnya, jika cara yang diambil oleh orang tua tidak menyenangkan hati anak, maka anak dapat melakukan gerakan tutup mulut alias tidak mau makan sama sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *