5 Inspirasi Bekal Anak Sekolah yang Bergizi dan Lezat

5 Inspirasi Bekal Anak Sekolah yang Bergizi dan Lezat

Membekali anak tersayang tentu bukan hal yang sulit bagi seorang ibu. Tetapi ketika anak-anak bosan dan menolak untuk membawa bekal makan siang, Anda bisa merasa bingung. Ini berarti Anda harus semakin kreatif dalam memberikan bekal anak sekolah. Berikut inspirasi variasi bekal bergizi dan lezat agar anak tidak bosan.

1.  Brokoli Tumis

Bekal yang dapat Anda berikan untuk anak adalah sayuran brokoli tumis. Sayuran hijau ini dipercaya baik untuk kesehatan jantung, mencegah kanker, menjaga kesehatan mata dan meningkatkan kekebalan tubuh. Coba tumis menggunakan beberapa bahan tambahan agar lebih lezat.

Bahan-bahan yang bisa Anda gunakan yaitu brokoli, 3 siung bawang putih, garam, minyak zaitun, dan air. Anda juga bisa menambahkan saus tiram agar aroma dan rasanya lebih variatif. Dijamin anak akan menyukai sayur ini.

2.  Nasi Goreng Komplit

Nasi goreng selalu menjadi santapan anak sekolah populer. Tidak hanya mudah dan enak, aak-anak juga sangat menyukai makanan ini. Anda bisa menambahkan sate ayam pada makan siang anak Anda agar santapan Anda semakin lengkap.

Jangan lupa tambahkan buah yang mudah dimakan langsung oleh anak. Buah tersebut bisa berupa melon potong, apel, stroberi, atau anggur. Selain lezat, nutrisinya pun komplit dan seimbang.

3.  Pisang Goreng dan Roti Bakar

Roti bakar juga merupakan alternatif yang sehat dan mudah. Coba buat roti bakar dengan selai coklat kemudian tambahkan pisang goreng. Anda bisa menaburkan topping parutan keju yang nikmat. Jangan lupa bawakan juga buah-buahan. Agar anak merasa segar setelah memakan pisang goreng dan roti bakar. Sehingga di waktu yang sama, gizinya tercukupi.

4.  Katsu Tempe

Katsu biasanya terbuat dari potongan ayam, tapi bisa juga Anda kreasikan dengan tempe. Tempe adalah salah satu makanan murah dan mudah didapat namun berprotein tinggi. Tempe baik untuk kesehatan karena kandungan kedelainya.

Tempe adalah makanan sehat yang kaya akan protein, prebiotik, dan berbagai vitamin serta mineral. Cara memasaknya cukup geprek tempe, siapkan adonan katsu dari telur dan tepung yang dicampur rata, kemudian lumuri tempe dengan adonan. Berikutnya Anda cukup menggorengnya hingga warna kecoklatan dan sajikan di kotak bekal anak.

5.  Ubi Goreng

Ubi jalar bisa menjadi pilihan bagi orang tua yang tidak punya banyak waktu dalam membuat bekal. Jika Anda memotongnya seperti kentang goreng atau keripik, anak bisa sangat tertarik. Rasanya pun manis dan legit.

Menu ini diperkaya dengan vitamin dan mineral penting, seperti vitamin A untuk kesehatan mata, dan memiliki serat yang menyehatkan sistem pencernaan dan potasium. Memotongnya dengan kreasi akan membuat anak semangat makan.

Inspirasi menu di atas cocok untuk Anda jadikan menu bekal anak sekolah. Anda bisa memutar menu agar anak tidak bosan. Penting pula untuk memperhatikan gizi di dalamnya demi perkembangan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *