Tak Hanya Enak, Begini Khasiat Baik Coklat buat Kesehatan

Tak Hanya Enak, Begini Khasiat Baik Coklat buat Kesehatan

Siapa sih yang tidak menyukai coklat? Coklat sepertinya termasuk jenis kudapan favorit bagi mayoritas orang, salah satunya merek coklat Milo. Ternyata, bahan makanan populer ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Yuk, kenali lebih jauh apa saja manfaat baik dari coklat!

1. Meningkatkan Mood

Siapa yang pernah sedih atau bad mood? Bagi Anda yang sedang merasa unmood , ada baiknya Anda mengkonsumsi coklat. Banyak penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi coklat dapat meningkatkan mood.

Mengonsumsi coklat dapat menurunkan kortisol yang muncul saat stress dan merangsang otak untuk memproduksi hormon endorfin dan serotonin yang membuat Anda merasa lebih bahagia.

2. Menjaga Kesehatan Jantung dan Peredaran Darah

Coklat mengandung flavonoid. Senyawa ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi risiko terjadinya penyumbatan di pembuluh darah. Hal ini berguna untuk mencegah Anda terserang penyakit jantung maupun stroke.

3. Mengontrol Kandungan Gula dalam Darah

Selain baik untuk menjaga kesehatan jantung, flavonoid pada coklat juga berperan dalam mencegah resistensi insulin dan diabetes. Hal ini dikarenakan coklat berguna dalam mengontrol gula darah dalam tubuh. Namun, pastikan bahwa coklat yang Anda konsumsi adalah coklat dengan kandungan kakao di atas 60% ya!

4. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Mengkonsumsi coklat dipercaya dapat menurunkan kandungan kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Penumpukan kolesterol berisiko menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, penyakit jantung, hingga stroke. Konsumsi coklat secara tepat dapat membuat Anda lebih sehat dan terhindar dari beberapa penyakit berbahaya.

5. Memelihara Kesehatan Otak

Flavonoid dalam kandungan coklat juga berperan aktif dalam meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Adanya senyawa ini berguna untuk memelihara kesehatan otak agar tetap optimal. Tak hanya itu, epikatekin dalam coklat bermanfaat untuk mencegah penurunan fungsi otak. Keadaan otak yang demikian berisiko menyebabkan otak mengalami demensia atau kepikunan dini.

6. Mencegah dan Menghambat Kanker

Coklat mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dan perkembangan kanker. Senyawa ini dapat mencegah terjadinya kerusakan sel yang berakibat pada terbentuknya sel kanker. Kandungan antioksidan tertinggi coklat bisa Anda temukan pada jenis dark chocolate.

Tips Tepat agar Manfaat Coklat Tidak Terlewat

Tidak ada seorangpun yang bisa menolak kenikmatan yang ditawarkan oleh sajian coklat. Walaupun demikian, Anda harus cermat bagaimana cara yang tepat mengkonsumsi coklat. Berikut adalah beberapa tips agar Anda tak kehilangan manfaat dari mengkonsumsi coklat.

  1. Mengkonsumsi jenis coklat dengan kandungan kakao yang tinggi sekitar 60% lebih, misalnya dark chocolate
  2. Tidak menambahkan gula atau pemanis saat mengkonsumsi coklat
  3. Mengontrol konsumsi berlebihan pada produk olahan coklat dengan bahan tambahan, misalnya susu coklat, coklat siap santap, maupun permen coklat
  4. Menggunakan madu, kacang-kacangan, serta buah-buahan kering untuk mengurangi rasa pahit coklat
  5. Membatasi secara bijak konsumsi produk olahan coklat setiap harinya, misalnya mengkonsumsi coklat Milo cukup sehari dua kali tanpa diberi tambahan pemanis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *