Tips Penting Persiapkan Cetak Buku

Beberapa penulis memang memilih untuk menerbitkan naskah mereka sendiri karena berbagai alasan. Misalnya saja sebagai orang baru di dunia penulisan nyatanya angka permintaan masih rendah. Hal ini menjadi penyebab utama datang ke tempat cetak buku daripada ke penerbitan.

3 Tips Penting Persiapkan Cetak Buku

Cara cetak buku sendiri disebut dengan istilah self publishing. Di era digitalisasi seperti ini tentu membuat persaingan antar penulis juga semakin tinggi. Untuk itu, mereka pun memilih untuk mencetaknya sendiri, berikut ketiga tips utama bisa Anda terapkan sebelumnya.

  1. Menyiapkan Naskah

Hal paling penting untuk mencetak sebuah buku adalah menyiapkan naskah terlebih dahulu. Tanpa adanya file dokumen ini, penyampaian bahasa menjadi lebih mudah. Pastikan menyuntingnya terlebih dahulu sebelum membawanya ke tempat percetakan agar meminimalkan adanya proses editing.

Penyuntingan buku ini penting dilkukan agar terjadi subjektivitas bagi seluruh pembaca. Pasalnya tahap menyunting ini dilakukan oleh pihak reviewer sehingga adanya revisi tidak berlangsung dengan subjektif karena target adalah banyak orang dan tentunya dari berbagai kalangan secara umum.

  1. Menyiapkan Modal

Apabila naskah Anda sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan modal. Langkah ini juga tidak kalah pentingnya karena setiap penerbit umumnya memiliki rentang biaya percetakan berbeda dari awal hingga tahapan akhir.

Banyaknya modal yang dikeluarkan juga bergantung dengan jumlah ketebalan dari masing-masing naskah. Beberapa tempat menyediakan jasa layouter, pembuatan sampel hingga ISBN sehingga bisa digunakan sesuai kebutuhan masing-masing penulis.

  1. Layout Naskah

Menyelesaikan layout naskah juga menjadi langkah yang paling penting bagi seorang penulis sebelum pergi ke tempat percetakan. Jika Anda belum punya pengalaman mengenai hal ini, maka cobalah untuk menyerahkan prosesnya ke jasa layouter.

Menyerahkan prosesnya ke jasa layouter dianggap lebih hemat sehingga bagi pemula hal ini dapat disarankan untuk menggunakannya. Mengingat bahwa tidak semua tempat cetak buku menawarkan layanan ini.

 

Meskipun percetakan dilakukan secara mandiri, Anda pun tetap harus memperhatikan banyak hal sebelum datang ke tempat cetak buku. Pasalnya langkah-langkah ini seringkali dilupakan oleh pemula sehingga menurunkan kualitas naskah mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *