Hal Yang Perlu Kamu Tahu Seputar Aplikasi Samsat Digital Nasional

Samsat Digital Nasional
source gambar : samsatdigital.id

Para pemilik kendaraan bisa mengurus dengan mudah pajak kendaraan tahunan mereka melalui aplikasi SIGNAL. Layanan Samsat Digital ini sendiri sudah bisa digunakan dari sejak September 2021.

SIGNAL menjadi pelayanan pengesahan surat kendaraan atau STNK Tahunan, bisa dipakai untuk Pembayaran PKB dan juga SWDKLLJ. Lewat aplikasi SIGNAL ini, maka masyarakat tidak lagi harus datang ke lokasi Samsat agar bisa mengurus hal-hal seputar pajak kendaraan.

Dengan begitu, maka bisa meminimalisasi risiko tertularnya virus saat masa pandemi sekarang ini.

Supaya kalian bisa mengenal lebih jauh mengenai aplikasi SIGNAL, berikut ini hal-hal yang perlu kalian ketahui.

Layanan SIGNAL mencakup provinsi-provinsi berikut

Aplikasi SIGNAL sudah bisa digunakan untuk setidaknya 15 macam provinsi Indonesia. Layanan aplikasi SIGNAL tersebut mencakup provinsi Banten, provinsi Jawa Barat, provinsi DKI Jakarta, provinsi Jawa Tengah, provinsi Jambi, provinsi Jawa Timur, provinsi Riau, provinsi Sumatera Barat, provinsi Bali, provinsi Kepulauan Riau, provinsi NTB, provinsi Sulawesi Barat, provinsi Sulawesi Tenggara., provinsi Sulawesi Selatan dan provinsi Bengkulu.

Bank yang bisa digunakan untuk pembayaran lewat aplikasi Signal

Cara membayar pajak melalui aplikasi Signal tentu tidak lepas dari bank-bank mana yang bisa digunakan. Untuk pembayaran pajak, Anda bisa melakukan transfer melalui bank BRI, Bank DKI, Bank Mandiri, BCA, BNI, dan Bank Danamon.

Langkah pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi Signal

Berikut ini langkah-langkah pembayaran pajak untuk para pengguna aplikasi Signal. Pertama-tama kunjungi lokasi ATM terdekat, lalu pilih opsi Pembayaran dan pilihlah “Samsat Digital Nasional”.

Selanjutnya masukkan kode pembayaran yang didapatkan dari aplikasi Signal, lalu lanjut dengan konfirmasi pembayaran untuk menyelesaikan transaksi.

Pelacakan status pengiriman dokumen STNK

Kalian para pengguna aplikasi Signal bisa juga melacak status kirim dokumen surat kendaraan. Kalian bisa coba memilih “Status Pengiriman”, lalu pilih Transaksi – Detail Transaksi dan pilih opsi “Lacak”.

Kalian bisa pilih opsi Konfirmasi Penerimaan juga kalau sudah menerima dokumen STNK. Sekian saja ulasan kali ini, semoga berguna untuk anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *