10 Rekomendasi Hiasan Kaligrafi Arab Terbaik (terbaru Tahun 2021)

Kaligrafi merupakan goresan pena yang dibuat menggunakan teknik spesifik. Semua jenis tulisan bisa dibentuk menjadi kaligrafi, tetapi pada artikel ini kami akan membahas hiasan kaligrafi arab. Tulisan pada hiasan kaligrafi arab umumnya diambil berdasarkan ayat suci, misalnya Surat Al Ikhlas, & asmaul husna.

Hiasan kaligrafi dibentuk menurut majemuk media, seperti kayu dan kulit. Agar terlihat lebih menarik, para artis umumnya menambahkan ornamen tertentu, misalnya bunga. Anda sanggup membeli hiasan kaligrafi simple tapi cantik menurut Otello Laser Cut atau Ergoo melalui situs e-commerce. Sebelumnya, simak tips menentukan hiasan kaligrafi arab berdasarkan kami!Pembaharuan terakhir: 12 Februari 2021

Cara menentukan hiasan kaligrafi arab

Hiasan kaligrafi mampu menciptakan ruangan jadi lebih latif. Anda bisa memilih hiasan kaligrafi dengan rona cerah agar suasana ruangan lebih hidup. Akan tetapi, jika Anda hanya ingin mempermanis suasana ruangan, pilihlah hiasan kaligrafi yg warnanya senada menggunakan interior ruangan tersebut.

Selain memperhatikan warna, Anda jua harus memperhatikan jenis goresan pena, media yg dipakai, & berukuran waktu menentukan hiasan kaligrafi. Nah, buat membantu Anda memilih pilihan, kami telah menyiapkan poin-poin pada bawah ini. Silakan disimak!

Kenali dahulu jenis goresan pena yg acapkali dipakai dalam kaligrafi arab

Tulisan yang dipakai buat membuat kaligrafi arab sangat beragam. Tetapi, empat goresan pena berikut adalah merupakan yg paling seringkali digunakan oleh para seniman kaligrafi. 

Tulisan kaligrafi umumnya terlihat rumit dan cenderung sulit dibaca. Akan namun, hal tadi tidak berlaku buat tulisan kaligrafi jenis naskh. Tulisan yang berkembang pada abad ke-10 ini gampang dibaca, sederhana, dan pula elegan. Lantaran itu, goresan pena jenis naskh tidak hanya digunakan pada kaligrafi, tetapi jua dipakai buat menulis karya ilmiah, manuskrip, dan Al-Qur’an.

Tulisan jenis naskh mempunyai bentuk alfabetyang agak bulat & dibuat secara lurus (nir miring ke galat satu sudut). Tulisan naskh masih mempunyai popularitas yang rupawan, bahkan di daerah Timur Tengah & di beberapa negara Barat popularitasnya justru meningkat.

Thuluth, jenis yang paling terkenal

Anda niscaya pernah melihat kaligrafi yg hurufnya saling bersilangan & terlihat penuh. Tulisan menggunakan karakteristik khas tersebut masuk ke pada jenis thuluth. Ciri spesiallain berdasarkan goresan pena ini adalah ujung hurufnya yg runcing, terutama dalam penulisan huruf alif. 

Tulisan jenis thuluth sebenarnya telah ada semenjak abad ke-7, tetapi baru berkembang pada akhir abad ke-9. Tulisan ini merupakan keliru satu yang paling populer, khususnya pada kalangan ahli kaligrafi Suriah, Mesir, Pakistan, & Turki. Selain dipakai buat membuat kaligrafi, tulisan jenis ini juga dipakai buat menulis judul bab Al-Qur’an dan bagian sampul Al-Qur’an.

Diwani, bentuknya rumit sekaligus indah

Bentuk tulisan diwani terlihat seperti goresan pena thuluth, tetapi tulisan diwani lebih rumit dan lebih sulit dibaca. Tulisan jenis ini jua umumnya dibentuk dengan pola yang rambang & jarang diberi harakat (indikasi baca dalam alfabetarab). Walaupun demikian, tulisan jenis ini terlihat sangat indah dengan lengkungan yang spesial.

Tulisan diwani dikembangkan dalam masa pemerintahan Turki Ottoman & digunakan buat menulis dokumen resmi pada pengadilan. Tulisan yang rumit menciptakan dokumen tadi terjaga kerahasiaannya dan nir mudah dipalsukan. Tulisan diwani juga terdapat yang diberi tambahan ornamen sehingga terlihat penuh. Tulisan ini dinamai diwani jali. 

Kufic, jenis paling tua & tulisannya bersudut

Kufic merupakan keliru satu jenis tulisan Arab yg paling tua & sudah berkembang sejak abad ke-7. Tulisan ini memiliki karakteristik spesialberupa sudut & sekilas terlihat misalnya sebuah simbol berbentuk persegi. Kufic awalnya dipakai untuk menulis Al-Qur’an & prasasti. Akan tetapi, tulisan kufic dalam ketika ini lebih sering dipakai untuk membuat hiasan dalam bangunan. 

Setiap orang bisa menciptakan tulisan kufic lantaran tidak ada aturan khusus dalam proses pembuatannya. Di samping itu, tulisan ini sanggup dibuat dengan bantuan indera, misalnya penggaris. Hal tersebut mengakibatkan goresan pena kufic pada setiap wilayah bhineka.

Hiasan kaligrafi sanggup dibuat dalam majemuk media. Sebelum Anda membeli hiasan kaligrafi, Anda sebaiknya mengetahui kelebihan berdasarkan tiap-tiap media tadi.

Kayu, memiliki nilai seni tinggi

Kaligrafi yang dibuat pada atas media kayu umumnya diproses dengan cara dipahat. Hal tadi membuat proses pembuatan kaligrafi pada atas media kayu membutuhkan waktu relatif lama. Walaupun demikian, hiasan kaligrafi menurut media kayu permanen disukai banyak orang karena tampak artistik. 

Hal lain yg menciptakan hiasan kaligrafi berbahan kayu disukai poly orang adalah rona dan tekstur yg spesial. Selain itu, hiasan kaligrafi berbahan kayu pula kokoh.

Kulit, tampak sederhana dan autentik

Media berikutnya yg tak jarang dipakai buat membuat hiasan kaligrafi merupakan kulit. pembuat biasanya memakai kulit kambing atau kulit sapi yg masih memiliki bulu sehingga kesan kunonya masih terlihat. 

Proses pembuatan hiasan kaligrafi berbahan kulit umumnya dilakukan dengan cara ditatah dan disablon. Setelah itu, produk akan diberi dalam bingkai. Hiasan kaligrafi yg dibuat di atas media kulit biasanya awet dan nir gampang rusak.

Logam pula mampu digunakan menjadi bahan buat membuat hiasan kaligrafi. Produk yang terbuat menurut logam lebih mudah buat dirawat dan bisa bertahan usang. Selain itu, beberapa jenis logam umumnya akan berkilau ketika terkena cahaya. 

Kelebihan tersebut membuat kerajinan yang terbuat dari logam terlihat glamor. Proses membuat hiasan kaligrafi menurut tembaga bisa dilakukan menggunakan beberapa cara, seperti diukir, ditempa, dipahat, & masih banyak lagi.

Hiasan kaligrafi di atas media kanvas sebenarnya seperti menggunakan lukisan. Namun, untuk proses pembuatan kaligrafi biasanya dibutuhkan sketsa terlebih dahulu. Selanjutnya, sketsa tersebut akan dicat menggunakan kuas khusus agar proses pengecatannya lebih rapi. Namun, terdapat jua produk yg dibentuk menggunakan cara pada-print. Hiasan kaligrafi yang terbuat dari kanvas mempunyai pilihan warna yang beragam & desainnya lebih dinamis. 

Jangan lupa buat memperhatikan ukurannya

Motif yang indah dan rona yg sinkron selera niscaya sebagai faktor pertimbangan saat membeli sebuah hiasan kaligrafi. Namun, Anda tidak boleh melupakan berukuran. Hiasan kaligrafi menggunakan berukuran yang kurang sempurna sanggup membuat ruangan terlihat penuh atau terlalu kosong.

Untuk menghindari hal tadi, Anda usahakan memperhatikan ruangan yang akan dipasang hiasan kaligrafi terlebih dahulu. Apabila ruangan tersebut memiliki dinding lebar, Anda mampu menentukan hiasan kaligrafi yang memanjang (horizontal). Sebaliknya, jika dinding ruangannya cenderung tinggi, hiasan kaligrafi berbentuk vertikal sanggup menjadi pilihan tepat.

Hiasan kaligrafi tersedia pada berukuran yang berbeda-beda. Dalam hal ini, Anda harus menyesuaikan rasio antara hiasan kaligrafi yang akan dibeli dengan dinding ruangan. Rasio yang disarankan merupakan hiasan usahakan nir lebih dari 1/3 lebar dinding.

Jika dinding Anda memiliki lebar tiga meter, hiasan kaligrafi yang disarankan adalah 1 meter (lebarnya). Area buat hiasan kaligrafi tersebut bisa dipakai buat satu buah hiasan berukuran akbar atau beberapa hiasan kaligrafi ukuran kecil. Anda sanggup menyesuaikannya dengan kebutuhan atau selera.

10 Rekomendasi hiasan kaligrafi arab terbaik

Poin-poin mengenai cara memilih hiasan kaligrafi sudah kami jabarkan. Selanjutnya, kami akan merekomendasikan beberapa produk hiasan kaligrafi buat Anda. Silakan dilihat satu per satu & pilihlah produk yg paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jenis tulisanTidak disebutkanBahanLogamUkuran35 centimeter (diameter)

Jenis tulisanNaskhBahanKulit kambingUkuran77 cm x 57 centimeter x 0,2 centimeter

8Jenis tulisanTidak disebutkanBahanFiber glassUkuran32 centimeter x 19 cm x dua centimeter

7Jenis tulisanDiwaniBahanKulitUkuran35 cm x 45 cm

6Jenis goresan pena NaskhBahanLogamUkuran65 cm x 45 centimeter

Jenis tulisanDiwani jaliBahanKayuUkuran110 cm x 60 cm

4Jenis tulisanThuluthBahanPinewoodUkuran20 centimeter x 20 centimeter x 3 cm

Jenis tulisanThuluthBahanTidak disebutkanUkuran50 cm x 50 centimeter

2Jenis tulisanKuficBahanKanvasUkuran110 cm x 50 cm

1Jenis tulisanKuficBahanKayu plywood 8 mm + 2,5 mmUkuran41 centimeter x 100 centimeter

Tabel perbandingan produk hiasan kaligrafi arab terbaikGambar produk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *