Cara Gampang Menciptakan Kaligrafi Kufi Melingkar Menggunakan Coreldraw

Kaligrafi Kufi atau bisa pula disebut khat Kufi adalah Kaligrafi arab tertua & adalah asal berdasarkan semua kaligrafi arab. Kufi adalah output adaptasi dari script tua abjad Nabatian. Pemberian nama Kufi diambil dari loka asalnya. Kaligrafi ini awalnya muncul pada kota Kufah, Irak, yg lalu menyebar ke seluruh jazirah Arab.Kaligrafi Kufi Melingkar

Orang Arab dalam zaman dahulu memperindah gaya Kaligrafi Kufi dengan menyisipkan unsur ornamen. Dengan penambahan ornamen tersebut, maka muncullah beragam corak Kufi menggunakan gaya yg baru.

Ada beberapa jenis Kufi, yaitu :Kufi BasitKufi MuzakhrofKufi Musattar

Baca Juga :Cara Membuat Kaligrafi Kufi Melingkar

Pada pembuatan kaligrafi kufi melingkar ini, kami akan menaruh tutorial memakai kaligrafi Assalamu’alakum. Adapun jenis kaligrafi kufi yang akan kita buat adalah Kaligrafi Kufi Musattar.

Kufi Musattar merupakan kaligrafi yg tersusun berdasarkan garis lurus yang bertemu dengan garis vertikal. Pertemuan garis tadi membangun sudut siku yg tegak lurus tanpa adanya satu putaran atau lengkungan.

Kufi Musattar pula mempunyai nalam lain Handasi Tarbi’i & Murabba’, adalah adalah kubus. Jadi, ya memang hanya kotak-kotak saja. Sehingga, buat membuatnya diperlukan penggaris dan juga pena.

Nah, mungkin lantaran memakai penggaris dalam pembuatannya, akhirnya kaligrafi Kufi ini diberi nama Musattar. Kufi Musattar waktu ini sedang ngetren, menggunakan bentuk yang tidak biasa & mampu dikreasikan sebagai seni luar biasa.

Baca Juga : Free tiga Kaligrafi Kufi Al-Ikhlas Al-Falaq An-Nas Format CDR & PSD

Cara Membuat Kaligrafi Kufi Melingkar Penjelasan Detail Simak Video berikut :

Berikut langkah pembuatannyaBuka pelaksanaan CorelDraw andaBuat dokumen baru (A4)Buat 6 butir lingkaran menggunakan Ellipse Tool atau cara cepat sanggup memakai Countur, maka hasilnya seperti pada gambar pada bawah

Selanjutnya buat garis memakai Free Hand Tool, duplikat garis menggunakan kemiringan 9 derajat menggunakan Transformation. Atur settingan seperti gambar di bawah

Selanjutnya ciptakan objek baru membangun “Kaligrafi Kufi Assalamu’alaikum” dari perpotongan bulat dan garis, menggunakan Smart Fill Tool. Maka hasilnya seperti gambar di bawah.

Selanjutnya hapus garis dan bundar

Lalu adonan berdasarkan masing-masing objek menggunakan Weld.Cara : seleksi semua objek… kemudian pilih Weld yg terdapat dalam grup Shaping.ShapingSetelah digabungan, maka hasilnya seperti gambar di bawah

Langkah akhir menambahkan rona, teks dan kaligrafi Assalamu’alaikum

Selamat mencoba

Sebagai bahan buat belajar berikut kami bagikan arsip CDR Kaligrafi Kufi Assalamu’alaikum Melingkar

Aplikasi yang digunakan CorelDraw X4

Manfaat Hiasan Dinding Kaligrafi

Menjadikan kaligrafi menjadi salahsatu elemen pada dekorasi ruangan baik buat ruangan pada dalam rumah ataupun ruangan di tempat kerja mempunyai poly sekali manfaatnya.

Hiasan dinding berupa kaligrafi adalah galat satu cabang menurut seni rupa. Keindahan kaligrafi sebagai suatu karya seni telah lamamempesona insan dari banyak sekali peradaban. Memilih hiasan dinding kaligrafi menjadi bagian berdasarkan ruangan pada pada tempat tinggal, tempat kerja, & ruang lainnya sudah barang tentu akan menaruh warna tersendiri pada ruangan anda. Ruangan akan tampil lebih latif & menawan.

Hiasan dinding kaligrafi nir hanya mensugesti interior sebuah ruangan, tetapi pula menaruh dampak secara psikologis kepada orang yg berada di dalamnya. Hiasan dinding kaligrafi banyak berisi kalimat-kalimat yg berasal dari buku suci Al Qur’an, misalnya kaligrafi Ayat Kursi, kaligrafi surat Al Fatihah, & lain sebagainya yang mana sudah barang tentu mempunyai makna & kandungan yang mendalam bagi umat muslim. Dengan membaca kalimat yang tertulis pada kaligrafi dengan sendirinya akan menaruh dorongan dan motivasi buat menaikkan kualitas ibadah kita kepada Allah SWT.

Sebagai umat muslim, kita diperintahkan buat mengungkapkan pesan Islam. Rasulullah bersabda, SAMPAIKAN PESAN KU MESKIPUN HANYA SATU AYAT!

Nah itulah Tutorial Cara Praktis Membuat Kaligrafi Kufi Melingkar menggunakan CorelDraw. Semoga tutorial ini bermanfaat, permanen semangat untuk terus berkarya & berusaha dan Sukses selalu buat ANDA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *