Kerajinan Kaligrafi Material Logam Tembaga & Kuningan

Dalam kesemapatan artikel ini kami selaku pengrajin kerajinan logam tembaga & kuningan yang bertempat tinggal di Jakarta dan Boyolali ingin mengedukasi & sedikit memberi sedikit fakta yang masih umummengenai seluk beluk kaligrafi dan kerajinannya. Dalaam global kerajinan tentu kaligrafi telah sangat luas diketahui oleh masyarakat umum, kaligrafi sangat poly sekali berfungsi menjadi hiasan atau sebagai interior untuk hiasan dalam masjid , Penulis sangat konfiden interior masjid di Indonesia 80% menggunakan hiasan berupa kaligrafi, baik itu lafadz ALLAH juga Laf adz Muhammad. Tentu bukan hanya di masjid saja banyak terpasang kaligrafi, Kerajinan Kaligrafi ini juga sangat anggun dan cocok untuk design interior / pemanis buat dekorasi tempat tinggaltangga islami. Tentu ada bermacam macam design & kalimat berdasarkan interior kaligrafi tadi.

Selain Kaligrafi “ALLAH dan Muhammad ” yang acapkali terpasang 1 set tentu ada poly macam & type kaligrafi,contoh nya kaligrafi ayat kursi,dll.

Dibalik Manis nya interior yang anda lihat pada Masjid juga Sebagai Dekorasi tempat tinggaltentu ada bermacam macam media & material yang digunakan dalam menuangkan ide kaligrafi tadi.

Kami Merupakan galat satu pengrajin kaligrafi yang eksklusif dikerjakan oleh pengrajin logam tempa, dan kami adalah spesialis produsen kaligrafi menurut material bahan logam tembaga dan pula kuningan yang berlokasi di boyolali jawa tengah,

Berikut kami rangkum beberapa proses dibalik pembuatan kaligrafi berdasarkan logam tembaga mulai menurut tahap 0 [Nol] sampai termin Pemasangan,

Tentu dalam pembuatan tidak membutuhkan waktu yg sementara waktu,bahkan buat mengerjakan 1 pesanan kaligrafi saja minimal membutuhkan saat lebih dari 7 hari. Karena memang dalam prosesnya full manual alias hampir 85% masih memakai alat-alat manual untuk memaksimalkan hasil menurut kaligrafi tersebut.Tahap Proses Pembuatan Kaligrafi berdasarkan Logam Tembaga

Dalam Tahap pertama ini yg mugkin membutuhkan saat yg jua nir sebentar, mulai design berdasarkan NOL hingga design siap Cetak ke media tembaga,Tentu berukuran dari design mentah tersebut wajibsesuai dan presisi dengan media yang mau dibentuk.

Contoh design menggunakan ukuran 100cm tentu wajibbenar benar presisi menggunakan tembaga yang sama,jika sedikit meleset atau tidak presisi tentu akan menciptakan proses jadi gagal .

Setelah berukuran sinkron dengan request design selanjutnya proses pemotongan Plat dengan menggukan patokan design yang telah diatur ukurannya.

tiga. Proses Tempa / ‘ Getok ‘

Dalam Proses tempa tentu proses ini wajibdikerjakan “Hanya” Oleh pengrajin logam langsung, sebelum proses ‘getok’ / tempa wajibmempersiapkan ramuan ramuan obat buat melunakkan bagian logam yang akan ditempa,dan ramuan ramuan ini ada ukuran & takaran yang tidak sanggup sembarangan, apabila ramuan tempa kelebihan juga kurang tentu berpengaruh menggunakan hasil tempa. Setelah ramuan tercampur sesuai menggunakan ukuran media ditempa, & proses ini tentu output nya akan tidak sama berdasarkan pengrajin satu menggunakan pengrajin lain,lantaran ini memang proses kerajinan tangan dengan pengerjaan manual tentu ada istilah ” Beda Orang Beda Hasil ” , Yaa..Betul.. Gambar ,ukuran dan harga sama / lebih murah atau lebih mahal tidak mengklaim output akan sempurna sinkron permintaan,karena memang inilah kerajinan tangan. Proses ini membutuhkan tahap lebih 1x tempa ,bahkan bila designya / gambar lebih rumit bahkan bisa membutuhkan ketika 15-25 hari buat media menggunakan lebih berdasarkan 100 centimeter.

Proses ini sudah memasuki tahap finishing, istilah pengrajin tembaga dan kuningan,logam ini membutuhkan tahap finishing yang lebih rumit dibanding logam lain , apabila nir segera diwarna / dilapis warna akan sangat cepat berubah.

Warna kuningan dasar nya merupakan warna kuning keemasan,setelah dipoles & tanpa pada lapis tidak menunggu hitungan hari warna akan berubah sebagai berbagai warna bahkan mampu menjadi terdapat rona pelangi,Itulah mengapa proses rona ini dibilang rumit.

Dalam tahapan sebelumnya proses ini menjadi sangat penting, bila rona telah sinkron & cocok memang harus segera pada lapis [ Coating ] , apabila tidak segera dilapis tentu anda akan repot tiap hari tiap warna berubah anda harus gosok manual menggunakan brasso kan?

Nah , Proses coating ini adalah proses terakhir pada proses pembuatan kaligrafi tembaga , kuningan.

Sebetulnya sangat masih poly sekali proses proses lain yang belum penulis tulis pada artikel ini, tetapi dalam garis besarnya misalnya itulah prose pembuatan kaligrafi tembaga dan kuningan.

Jika anda terdapat keperluan buat Interior Rumah maupun Interior Masjid mampu kontak kami via WA kami di Tombol dibawah ya.

Satuma Kraf Spesialis Pembuat Kerajinan Logam Tembaga dan Kuningan Tempa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *