Memahami Istilah Own Risk (OR) dalam Asuransi Mobil All Risk    

Asuransi mobil all risk memberikan jaminan penggantian biaya kerusakan atau kehilangan yang mungkin menimpa kendaraan akibat hal-hal yang tak diinginkan. Layanan ini tentunya sangat bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami musibah.

Dalam berkas polis asuransi mobil all risk biasanya tercantum sejumlah istilah teknis yang penting untuk Anda pahami artinya secara jelas. Salah satu istilah yang perlu Anda pelajari lebih lanjut adalah Own Risk atau OR.

Apakah Itu Own Risk (OR)?

Istilah Own Risk dapat Anda terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi Resiko Sendiri. Selaras dengan ini, pengertian Own Risk adalah jumlah nominal tanggung jawab yang harus Anda bayarkan sendiri dalam setiap klaim asuransi.

Ketentuan untuk menghitung besarnya Own Risk ini berbeda-beda untuk setiap jenis produk asuransi yang Anda pilih.

Perhitungan Own Risk Untuk Masing-masing Produk Asuransi Mobil All Risk Insureka!

Insureka! menawarkan tiga jenis produk asuransi mobil dengan level proteksi, premi, dan ketentuan perhitungan Own Risk masing-masing sebagai berikut:

Total Loss Only (TLO)

Polis TLO memberikan jaminan ganti rugi untuk mobil yang hilang karena pencurian atau rusak sebanyak lebih dari 75persen nilai kendaraannya. Besarnya Own Risk untuk polis asuransi ini adalah 10persen dari nilai pertanggungannya.

Comprehensive Basic

Polis ini menjamin penggantian kerugian untuk berbagai macam kerusakan dan kehilangan mobil akibat ulah dan keteledoran manusia maupun bencana alam.

Untuk kerusakan akibat kelalaian manusia yang menimpa mobil berusia kurang dari lima tahun, nilai Own Risk ditetapkan sebesar Rp300.000. Jika umur kendaraan sudah lebih dari lima tahun maka nilai Own Risk-nya adalah Rp500.000.

Ketentuan ini berlaku jika kerusakan tidak melebihi 75persen nilai mobil tersebut. Jika lebih, maka total klaim akan mengalami potongan Own Risk 5persen

Jika kerusakan terjadi akibat faktor alam atau huru-hara, maka Own Risk-nya sebesar Rp500.000 atau 10persen dari klaim.

Comprehensive Premium

Proteksi dan perhitungan Own Risk untuk polis ini relatif sama seperti paket Basic.  Keunggulan polis Premium ini adalah melindungi barang berharga yang ada dalam mobil serta menyediakan fasilitas mobil pengganti untuk lima hari.

Sangatlah penting bagi Anda untuk memahami konsep Own Risk dalam asuransi mobil all risk ini. Dengan begitu, nantinya Anda tidak akan terkejut saat mengajukan klaim asuransi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *