Penggolongan Sampah Pada Waste Management

Penggolongan Sampah Pada Waste Management

Waste management merupakan bagian yang tidak boleh dipisahkan dari penanganan limbah mulai dari skala rumah tangga sampai perusahaan yang besar. Mulai dari industri kecil sampai dengan pabrikan yang berproduksi tanpa henti.

Limbah tidak dapat begitu saja dibuang tanpa adanya pengolahan terlebih dahulu karena memiliki potensi yang besar merusakan lingkungan hidup. Sebab, tidak sekali dua kali saja industri mengeluarkan dan membuang limbah, tetapi merupakan rutinitas setiap hari, selama berproduksi.

Jenis Sampah Pada Waste Management

Waste management adalah metoda yang terdiri dari beberapa tahapan untuk menangani sampah atau limbah. Penanganan ini harus tetap  mengutamakan keselamatan, keamanan, kesehatan dan lingkungan hidup.

Pengelolaan limbah dimulai dari pemilahan jenis sampahnya dan diakhir dengan bagaimana mengurangi kadar racun hingga aman untuk dibuang. Bukan pekerjaan yang mudah, tetapi juga bukan berarti tidak mungkin.

Limbah  Organik

Sampah ini merupakan buangan yang sangat mudah terurai oleh berbagai organisme yang ada di alam. Dalam waktu singkat, semuanya akan hancur serta menjadi zat-zat sederhana yang nantinya malahan membantu tanah kembali subur.

Contoh sampah organik adalah sisa makanan, kulit buah, sayur-sayuran, dan dedaunan. Oleh karena sifatnya, banyak yang mulai mengolah buangan ini. Antara lain diubah menjadi kompos, dan eco enzyme.

Limbah Non Organik

Sampah ini merupakan bahan yang sulit untuk diuraikan oleh mikroba penghancur yang ada di dalam tanah atau membutuhkan waktu lama untuk terurai. Biasanya dalam jangka waktu yang amat lama pun jejak buangannya tetap terlihat.

Sampah ini memiliki potensi terbesar sebagai polutan di mana pun dibuang. Karena sifat serta jumlahnya yang sangat banyak, maka memiliki potensi yang amat besar merusak lingkungan.

Kategori sampah non organik adalah sampah plastik, kaca, kertas, dan kaleng. Oleh karenanya, langkah terbaik adalah mengurangi pemakaiannya dalam kehidupan sehari-hari.

Limbah Kategori B3  ( Bahan Berbahaya dan Beracun)

Sampah ini termasuk dalam golongan sampah yang memerlukan penanganan khusus karena mengandung berbagai bahan yang digolongkan berbahaya dan beracun. Sifat dari hubungan ini adalah merusak baik dalam jumlah besar maupun kecil.

Oleh karena karakternya yang khusus, maka tidak sembarangan orang atau perusahaan menanganinya. Perlu ijin dari dinas terkait untuk melakukan proses lanjutan pada sampah B3 ini. Pun jika proses yang dilakukan adalah daur ulang, dan bukan membuangnya pada unit buangan khusus bahan berbahaya dan beracun.

Limbah yang dikategorikan bahan berbahaya dan beracun adalah sisa buangan dari rumah sakit, baterai, lampu, tinta mesin cetak, dan barang elektronik lainnya. Penanganan yang salah akan berpotensi mencemari lingkungan.

Oleh karenanya, waste management ini bukan hanya membuang sampah tetapi juga sampai pada menanganinya sehingga tidak menjadi polutan bagi lingkungan hidup. Jika hal tersebut diabaikan, maka pada ujungnya, yang menjadi korban tetaplah masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *