Jenis-Jenis Minuman Kopi Tradisional, Penikmatnya Wajib Coba

Jenis-Jenis Minuman Kopi Tradisional, Penikmatnya Wajib Coba

Penikmat kopi pasti sudah mengenal  jenis jenis minuman kopi yang biasa ada di cafe kopi. Bisa jadi beberapa sajiannya merupakan minuman favorite yang harus dinikmati setiap hari. Dengan kata lain, tanpa minuman itu, semangat luntur seketika.

Jenis-Jenis Minuman Kopi Tradisional

Mungkin Anda familiar dengan kopi ala cafe, tetapi bagaimana dengan sajian kopi tradisional? Pasalnya, Indonesia juga dikenal sebagai negara produsen biji kopi. Sehingga, bisa jadi setiap daerah memilih minuman khas yang berbahan dasar kopi.

Kopi Tubruk

Pada umumnya, masyarakat Indonesia mengenal sajian kopi ini dengan nama kopi tubruk. Penyebabnya adalah mudah menggunakannya, serta dapat menggunakan bahan baku yang seadanya atau memanfaatkan bubuk kopi yang ada.

Cara buatnya pun mudah Anda hanya perlu memasukan 2 sdm makan bubuk kopi kesukaan. Tambahkan dengan 200 ml air mendidih kedalam gelas tersebut. Aduk rata. Jangan sampai terlihat butiran kopi pada permukaanya. Dengan segera harum kopi akan memenuhi seluruh rumah. Sajikan hangat-hangat.

Kopi Joss

Sebenarnya kopi joss ini juga merupakan sajian yang sederhana. Pembedanya hanyalah adanya tambahan arang yang menghasilkan sensasi suara “joss” ketika arang yang membara itu dimasukan ke dalam larutan kopi yang baru saja dibuat. Bagi sebagian orang inilah nikmatnya minum kopi. Ada sensasi penambahan pahit akibat orang tersebut.

Cara membuatnya cukup unik, tetapi Anda tetap dapat menyajikannya di rumah. Siapakan 2 sdm makan bubuk kopi. MAsukan ke dalam gelas. Campurkan dengan 200 ml air mendidih. Aduk rata. Langkah terakhir adalah segera memasukan arang yang masih membara ke dalam gelas tersebut. Setelah terdengar bunyi “joss” dan arang menjadi basah, keluarkan. Sajikan panas.

Kopi Kawa Padang

Sajian kopi yang satu ini sangat unik dan hanya ada di daerah Padang, Sumatera Barat. Penyebabnya adalah untuk membuatnya tidak menggunakan bagian bijinya, melainkan bagian batang dan daunnya. Namun, aroma dan kenikmatannya tidak berbeda jauh dengan yang berbahan dasar biji.

Cara membuatnya pun unik. Siapkan daun dan batang dari jenis tanaman kopi robusta. Asapi hingga menjadi kering menyerupai teh. Selanjutnya masukan ke dalam gelas sajian, kucuri dengan air mendidih secukupnya. Aduk rata. Sajian ini akan tampak seperti teh, namun aromanya tetap khas kopi.

Kopi Lelet Rembang

Hidangan kopi yang satu ini sekila tidak berbeda dibandingkan dengan kopi tubruk lainnya. Pasalnya, cara membuat dan bahan bakunya pun sama. Namun, yang membedakan adalah harus menggunakan biji kopi yang digiling ultra fine hingga membentuk tepung kopi. Selanjutnya diolah seperti kopi tubruk pada umumnya.

Cara pengolahannya pun sama dan sederhana. Masukan 2 sdm tepung kopi dalam gelas. tambahan air mendidih. Aduk rata. Sajikan dalam keadaan panas. Rasanya akan pahit dan peninggalan aftertaste yang cukup lama.

Ternyata khasanah kuliner Indonesia sangat kaya dengan kehadiran jenis jenis minuman kopi yang tak kalah nikmat dengan sajian cafe. Sesekali, ada baiknya Anda mencicipi sajian ini dengan keluarga di luar cafe kopi kesayangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *