Mana yang Lebih Penting, UI atau UX Design?

UI dan UX design semakin populer di kalangan penggiat teknologi karena dibutuhkan untuk membuat tampilan situs atau aplikasi yang baik dan bagus. Keduanya saling berhubungan dan sama-sama penting untuk sebuah aplikasi atau situs. Lalu, pertanyaan yang banyak dilontarkan terkait UI dan UX adalah mana yang paling penting?

Pentingnya UI dan UX Design untuk Sebuah Produk

UI design berkaitan dengan tampilan yang dilihat oleh pengguna, seperti warna, gambar, jenis font, dan sebagainya. Sementara UX design adalah pengalaman pengguna saat menggunakan sistem tersebut secara keseluruhan, bagus atau tidaknya sistem saat dipakai.

Parameter UI design adalah menarik atau jelek tampilan sebuah sistem, sementara parameter UX design adalah berhasil atau gagal sistem tersebut saat dijalankan oleh pengguna. Dilihat dari peran UI dan UX design tersebut, keduanya memiliki peran yang penting.

UI dan UX Design, Mana yang Lebih Penting?

Pilihan utama yang paling bagus adalah bisa mengoptimalkan UI dan UX design untuk sebuah aplikasi atau situs. Namun, bagaimana jika tidak bisa memenuhi keduanya dan harus memilih salah satu, mana yang lebih penting untuk dioptimalkan?

  1. Produk yang Masih Dikembangkan

Memilih pentingnya antara UI design dan UX design harus dilihat terlebih dahulu apakah aplikasi atau situs tersebut masih dalam tahap perkembangan atau sudah menjadi aplikasi yang besar.

Jika aplikasi masih tahap perkembangan dan mencari pasar pengguna, lebih baik untuk memperkuat UX design, tetapi UI design-nya tetap harus diperhatikan. Misalnya meskipun tampilan visualnya masih biasanya saja, tapi performanya harus bagus dan lancar.

  1. Produk yang Sudah Populer

Jika sebuah aplikasi atau website sudah memiliki banyak pengguna, UI maupun UX design sama-sama sangat penting untuk dioptimalkan. Selain performanya yang bagus, UI design sangat dibutuhkan agar pengguna merasa nyaman dan menyukai tampilan visualnya.

Jadi, UI dan UX design sama-sama penting untuk membuat produk yang bagus. Namun, jika harus memilih mana yang lebih dulu harus dioptimalkan, maka jawabannya adalah UX design. Akan tetapi, seiring berkembangnya produk, UI design harus ikut dioptimalkan agar pengguna lebih nyaman dan tidak kalah saing dengan kompetitor.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *