Tips Proses Toilet Training Untuk Mengatasi Sembelit Pada Anak

Tips Proses Toilet Training Untuk Mengatasi Sembelit Pada Anak

Sembelit adalah salah satu gangguan pencernaan dengan kondisi dimana anak sulit untuk buang air besar, kondisi ini memang sangat umum dialami semua orang. Untuk mengatasi sembelit sendiri bunda sebaiknya perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab konstipasi pada anak. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan anak mengalami gangguan pencernaan salah satunya adalah proses toilet training. Pada proses ini akan dituntut untuk beradaptasi dengan proses buang air besar,terdapat beberapa hal yang membuat proses toilet training dapat menjadi penyebab gangguan pencernaan pada karena anak biasanya akan menahan untuk buang air besar daripada harus ke toilet. Selain itu, kesiapan anak untuk menjalani proses ini dan dibarengi dengan cara yang tidak tepat dalam mengajarkan cara menggunakan toilet training hanya akan membuat anak tidak nyaman dan menyebabkan gangguan BAB.

Untuk itu, berikut ini beberapa tips yang dapat bunda lakukan saat proses toilet training untuk mengatasi sembelit pada anak, yaitu:

Kesiapan si kecil 

Untuk memulai proses toilet training, hal ini penting karena jika ternyata si kecil belum siap biasanya mereka memilih untuk menahan buang air besar dan dapat mengakibatkan feses anak menjadi kerada dan sulit buang air besar. Bunda dapat memberi waktu sikecil untuk beradaptasi, jika memang belum siap bunda dapat mencoba mengajak ke kamar mandi ketika si kecil terlihat ingin buang air. Perkenalkan fungsi toilet secara perlahan dan bertahap agar anak merasa nyaman.

Makanan dan nutrisi si kecil

Beri si kecil makanan yang kaya akan serat untuk membantu mencegah pup mengeras sehingga anak tidak mengalami kesakitan dalam buang air besar. Selain itu memberi banyak air putih kepada anak juga dapat membantu melancarkan gerakan usus yang sudah mengalami gangguan serta melunakkan feses. Beberapa makanan kaya serat yang dapat bunda coba seperti pepaya, mangga, brokoli, dan buah lainnya.

Buat si kecil nyaman

Bunda dapat mencoba mendudukkan si kecil secara konsisten atau rutin dan memberikan kenyamanan seperti memberi buku bacaa, menambah bantalan duduk dll agar anak tidak enggan untuk melakukan buang air besar.

Periksa ke ahli kesehatan

Hal ini dapat bunda lakukan ketika konstipasi pada anak tidak kunjung surut, maka dari itu bunda bisa segera mengkonsultasikan dengan ahli kesehatan agar anak dapat buang air besar dengan nyaman tanpa gangguan.

Itulah beberapa tips yang dapat bunda lakukan untuk mengatasi konstipasi pada anak, bunda perlu untuk memahami kondisi si kecil, oleh karena itu grow happy hadir memberikan informasi terkait si kecil dan tips and trick terkait konstipasi anak. Untuk informasi lebih lanjut bunda dapat mengunjungi website resminya atau klik link berikut ini https://www.growhappy.co.id/artikel/atasi-konstipasi-anak-saat-toilet-training. Semoga membantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *